LATSAR CPNS di Pusdik Brimob? Siapa takut!

Ini akan menjadi cerita yang panjang, juga harus kukenang sepanjang masa. Selama-lamanya!
Salah satu syarat wajib CPNS mejadi PNS adalah harus memiliki sertifikat lulus Latsar --dulu namanya Prajab, sekarang jadi latsar-- Sejak tanggal 1 April 2019 ketika pembagian Petikan SK CPNS, hariku mulai tidak tenang kembali. Ingin segera berangkat Latsar, tapi sama sekali belum punya bekal ilmu yang cukup tentang apa itu Latsar, heuu.. 

Bulan Mei, Juni banyak teman-temanku yang dari luar kota sudah mulai berangkat latsar, bahkan ada yang sudah sampai penutupan dan sinyatakan lulus Latsar, tapi aku belum juga berangkat. Tambah bikin deg-degan donggg.. Liburan Idul Fitri menjadi tidak tenang karena tiba-tiba H+ sekian Idul Fitri, ternyata ada panggilan Latsar angkatan pertama untuk Kota Pasuruan. Deuhhh rasanya orang yang berangkat, aku yang gemesshh. Ingin berangkat juga, tapi gak mau berangkat juga, gimana sih rasanyaaa.. gitulah pokoknya 😭😭

Waktu itu masih dalam suasana liburan semester 2 di awal Juli, aku sudah pasrah tidak bisa balik ke Jakarta lagi karena memang harus menyelesaikan tugas memantau anak-anakku kelas 6 ke sekolah yang barunya. Yaaa.. sistem zonasi lumayan membuatku lumayan melupakan Latsar. Jadinya juga dari situ banyak bersyukur, Ya Allah.. kalau saja aku sudah berangkat Latsar bulan Juni kemarin, pastinya aku tidak akan bisa membantu siswa-siswiku menghadapi sistem Zonasi ini. Setelah PPDB selesai, aku mulai banyak berdoa kembali agar aku cepat dipanggil Latsar, dimanapun Insya Allah aku siap. Banyaaakkkk sekali doaku di setiap waktu, juga untuk memperkuat doaku, aku membuktikannya dengan ikhtiar yaitu mempersipakan semuaaaa kebutuhan latsar, seperti mencetak foto yang banyak, melegalisir fotokopian SK CPNS, membeli kemeja putih polos 3, jilbab putih 3, rok hitam, sepatu hitam polos tanpa hak 2, sepatu olahraga, kaos kaki, celana training, baju tidur panjang, dasi hitam, peralatan mandi, make up, apalagi yaa? pokoknya banyaakk sekali yang kubeli. Padahal dipanggil kapanpun aku belum tahu, yang penting Allah tahu aku serius dengan doaku. Aku ingin segera dipanggil Latsar. Aku juga memberikan alasan yang jelas dalam doaku, kenapa aku harus segera dipanggil Latsar, pokoknya setiap berdoa aku memiliki waktu yang panjang dengan Rabb ku, memohon ampun, memohon perlindungan, memohon dikabulkan segala doa. 

Kuingat sekali, waktu itu 10 Juli. Hari itu aku kurang sehat. Batuk pilek demam jadi satu, untung saja hari itu sudah selesai PPDB SMP, jadi tidak perlu ke sekolah lagi. Aku akan istirahat panjang hari itu, mempersiapkan 5 hari menjelang masuk tahun ajaran baru, pikirku. Pukul 09.00 pagi, ku buat sarapan sederhana, sekaligus teh hangat di gelas besar. Ahh.. nikmat sekali ya Allah. Hari itu suamiku sedang kuliah, jadi tidak ada di rumah sejak Hari Minggu malam. Aku taruh handphone di dalam kamar, ku hidupkan televisi lalu kunikmati sarapan sederhanaku. Sudah berapa lama yaa aku tidak melakukan hal ini, tumben sekali. 

Satu jam berlalu, sarapan sudah habis, ku iseng ambil hp di kamar yang ku silent agar tidak mengganggu pagiku. Ternyata banyak notification dari whatsapp dong 😱 grup pertama yang kubuka adalah CPNS SDN Wirogunan, di sana hampir semuanya menyemangatiku, setelah ku scroll up, ternyata ada pemberitahuan bahwa aku mendapat panggilan Latsar. Sambil masih dag dig dug ku berkata Alhamdulillah ya Allah doaku dikabulkan. Kulanjutkan membaca semua pesan, ternyata katanya pukul 10.00 harus ke BKD untuk memberikan surat tugas dan persiapan persyaratan, pukul 13.00 pengarahan dari BKD, dan besok pukul 07.00 pagi harus sudah berangkat 😱 dan bertempat di Pusdik Brimob Watukosek 😱 itu adalah tempat yang paling dihindari oleh siapapun, katanya di sana seram, pelatihannya akan lebih berat. Tapi bagiku yang memang belum pernah dengar cerita apapun dari siapapun tentang Watukosek ini, ya aku santai saja. Aku malah berpikir, aku akan ditempatkan di sarangnya Polisi, pasti menyenangkan membayangkan bertemu banyak teman ayah. Hanya saja apakah harus secepat ini Ya Allah prosesnya? 

Jam menunjukkan pukul 10.00, tapi aku masih belum tahu apa yang harus kulakukan. Aku masih terus membaca grup sampai selesai, lalu tiba-tiba diingatkan oleh teman sekolah yang saat itu sama-sama akan berangkat Latsar. Isi chatnya kurang lebih, "Cepat berangkat, saya sudah mau OTW berangkat ke BKD." Duhh duhhh.. langsung lompat dan bergegas siap-siap.

Sampai di BKD pasti telat dong, ternyata sudah bubar semuanya. Beruntung bertemu teman di parkiran sudah siap berangkat. Langsung kucegat dan meminta informasi sejelas-jelasnya. Dia langsung bilang, "ayo ikut tes kesehatan". Di sana baru dijelaskan apa isi pertemuannya, dan jam 13.00  nanti langsung pengumpulan berkas 3 rangkap. Beruntung aku sudah nyicil cetak foto, legalisir SK, beli perlengkapan, jadi semua alhamdulillah lumayan bikin santai.

Suami kaget banget tahu bahwa istrinya mau berangkat besok, sedangkan hari itu dan besok masih ada kuliah. Tapi suami gak berpikir banyak, langsung pulang untuk membantuku menyiapkan untuk berangkat LATSAR besok. terrrrlove lahhh 💓

Skip ke hari keberangkatan LATSAR..
Semua sudah siap, lahir batin, jiwa raga, sudah siap.

Pusdik Brimob Watukosek yang ditakuti semua orang, ternyata tidak semenakutkan itu. Kubanyak bertemu dengan teman baru sesama #PEJUANGCPNS2018  dari Batu, Gresik, Blitar, Mojokerto dan tentunya Kota Pasuruan.
Ada di lingkungan Polisi, dilatih dengan Polisi, bertemu Polisi setiap hari jadi merasa seperti bertemu teman-teman ayah gitu lohhh.. Gak ada perasaan takut sama sekali, Alhamdulillah 😍

Sebenarnya banyak yang mau diceritakan. Tapi, kata Komandan Edi kurang lebih seperti ini, "Apa yang kamu rasakan di Watukosek , biarlah menjadi kenangan terindah dalam hidupmu. Tidak perlu digembar-gemborkan di luar sana, cukup disimpan di dalam hati saja"
Gitu gak sih yaa? pokoknya kurang lebih begitulahh.. 

Yang katanya Watukosek seram, berhantu dan lain-lain, buatku itu gak benar sih. Aku alhamdulilllah gak pernah sekalipun mengalami hal yang kaya gitu. Pipis ditengah malem jam 1an, aman saja. Piket tengah malem jaga barak, oke saja. Keliling lingkungan pusdik pada acara malam, juga alhamdulillah gak dikasih lihat yang macem-macem sih 😅

Yang jelas, memang seseru itu sihh ada di Pusdik Brimob. Bagi yang pengen tahu rasanya olahraga bareng polisi muda, atau melihat polisi muda lari pagi sambil nyanyi-nyanyi kaya di salah satu scene DOTS, boleh lahh rasakan LASAR di sini, daannn rasakan sensasinya wkwk 😁

Buat perempuan nih ya, wajib banget bawa dan pakai sunscreen kalau gak mau kulitnya rusak, karena panas syekali sihh gak bohong. Jangan lupa juga banyak minum air putih biar kulitnya gak kering. Soalnya ini kejadian semua di aku wkwk. Kulit menghitam, bibir pecah-pecah. Dan yang paling penting kayanya jaga nafsu makan lah di sana 😂 seharian capek kegiatan, setelah jam malam malah pesan makanan nasi bebek atau bakso. Padahal di sana makan sudah 3 kali sehari belum lagi snack jam 9 dan 3 sore. Serius sih, pulang dari Latsar berat badan malah nambah, sedih sekali rasanya. Kirain bakalan kurus dengan segudang acara yang menggunakan tenaga dan pikiran. Ternyata malah sebaliknya, heuuu... Mungkin aslinya aku bahagia sekali Latsar di Pusdik Brimob ini 😂

Dah lah itu aja, pokoknya ...
WATUKOSEK TAK AKAN KU LUPA
Selesai ujian akhir aktualisasi 😭😭😭
Kelompok 1 Angkatan 26 
Angkatan 26 mau pulaanggg 






Posting Komentar

1 Komentar