Kegiatan Literasi untuk membuat Surat Resmi dan Surat Pribadi Kelas 6

 Halo halooo,
Assalamu'alaikum wr wb. 

Salah satu materi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 adalah membuat surat resmi dan surat pribadi. 
Seperti yang telah kita pelajari, struktur dari surat resmi adalah : 
1. Kepala Surat 
2. Tanggal Surat 
3. Nomor Surat 
4. Lampiran 
5. Hal
6. Alamat Surat
7. Salam Pembuka 
8. Isi Surat 
9. Salam Penutup 
10. Pengirim surat 

Sedangkan struktur dari surat pribadi adalah : 
1. Tanggal Surat 
2. Alamat Surat 
3. Salam Pembuka 
4. Isi Surat 
5. Salam Penutup
6. Tanda Tangan 
7. Nama Pengirim

Utamanya, siswa paham urutan struktur-struktur dari surat resmi dan surat pribadi. 
Dalam kegiatan lanjutan, guru bisa membuat alur cerita dari surat resmi dan surat pribadi, lalu siswa mengubah bentuk alur cerita, menjadi surat sesuai dengan kaidah stuktur surat. 

Contoh alur cerita surat resmi : 

Surat resmi
SD Negeri Wirogunan, Kota Pasuruan yang berada di jalan Sastro Surotoko No. 107, Jawa Timur, mengirimkan surat undangan pada tanggal 3 Agustus 2024 kepada Walimurid kelas 6, dengan nomor surat : 123/UND/27/2024 tidak ada lampiran. Acara yang akan dilakukan adalah sosialisasi kegiatan kelas 6, hari Rabu, 14 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB. Tempat di Ruang Serbaguna SD Negeri Wirogunan. Yang menandatangani surat undangan adalah kepala SD Negeri Wirogunan, Bapak Mochamad Arif, M.Pd.

 Surat resmi
SD Negeri Candi, Kabupaten Sidoarjo yang berada di jalan Kadungpeluk nomor 41, Jawa Timur, mengirimkan surat undangan pada tanggal 10 Juli 2024 kepada Walimurid kelas 1, dengan nomor surat : 143/UND/56/2024 tidak ada lampiran. Acara yang akan dilakukan adalah sosialisasi kegiatan MPLS Kelas 1, hari Sabtu, 13 Juli 2024 pukul 08.00 WIB. Tempat di Ruang Serbaguna SD Negeri Candi. Yang menandatangani surat undangan adalah kepala SD Negeri Candi, Khilmi Nafsah, M.Pd.

Surat Resmi
SD Negeri Tambun 01, Kabupaten Bekasi yang berada di jalan Pendidikan II Desa Tambun, Jawa Barat, mengirimkan surat undangan pada tanggal 13 Agustus 2024 kepada Walimurid, dengan nomor surat : 101/UND/74/2024 tidak ada lampiran. Acara yang akan dilakukan adalah Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia, hari Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 07.00 WIB. Tempat di Ruang Serbaguna SD Negeri Candi, dengan menggunakan pakaian adat . Yang menandatangani surat undangan adalah kepala SD Negeri Tambun 01, Ibu Dedeh Nurhaidah, M.Pd.

nnn

Contoh alur cerita dari surat pribadi : 

Surat Pribadi
Samsul tinggal di Makasar, mengirimkan surat kepada sahabatnya yang bernama Rano di Bali. Samsul menuliskan bahwa dirinya rindu bermain bersama dan mengingat kebersamaan mereka pada masa kecil dahulu. Samsul bercerita dirinya sudah sekolah di SMAN 1 Makasar. Samsul memiliki seekor peliharaan kucing yang lucu dan diberi nama Si Hitam. Samsul memberitahu bahwa dirinya dan Keluarga akan liburan ke Bali pada Bulan September tahun ini. Samsul ingin bertemu kembali dengan Rano dan berharap bisa bermain bersama kembali seperti dahulu. Surat ditutup dengan harapan supaya Rano dan keluarganya sehat selalu dan segera membalas suratnya.

Surat Pribadi
Kartika tinggal di Jakarta, mengirimkan surat kepada sahabatnya yang bernama Riska di Bandung. Kartika menuliskan bahwa dirinya rindu bermain bersama dan mengingat kebersamaan mereka pada masa kecil dahulu. Kartika bercerita dirinya sekarang sudah berani tidur di kamar sendiri. Boneka kelinci yang Riska kirimkan kemarin diberi nama Kaka sebagai teman tidurnya. Kartika sangat berterima kasih kepada Riska karena boneka yang dia berikan sangatlah bagus dan sangat membantu dia menemani tidur di kamarnya sendiri. Kartika juga mengirimkan sebuah boneka lucu kepada Riska dan meminta Riska untuk memberikan nama juga untuk bonekanya. Kartika bertanya kepada Riska, setelah lulus SD nanti, dia ingin masuk ke SMP mana? Kalau Kartika ingin sekali masuk ke SMPN 109 Jakarta. Surat ditutup dengan harapan semoga mereka berdua segera bertemu kembali dan bisa bermain seperti dahulu. Kartika harap suratnya juga cepat dibalas oleh Riska.

Surat Pribadi
Haikal tinggal di Aceh, mengirimkan surat kepada sahabatnya yang bernama Rendi di Tasikmalaya. Haikal menuliskan bahwa dirinya rindu bermain bersama dan mengingat kebersamaan mereka pada masa kecil dahulu. Haikal bercerita dirinya sudah sekolah di SMAN 1 Aceh dan mendapatkan juara 1 di bidang olahraga Taekwondo. Haikal mengingatkan kepada Rendi bahwa dulu mereka selalu berangkat bersama ke tempat latihan taekwondo saat masih SD dulu. Apakah Rendi masih melajutkan kegiatan taekwondo di Tasikmalaya? Haikal bercerita kalau dulu dirinya selalu kalah saat bertanding dengan Rendi. Namun sekarang Haikal bersedia tanding ulang karena merasa dirinya sudah lebih jago daripada yang dulu. Haikal sangat rindu ingin bertemu kembali dengan Rendi. Haikal berharap mereka segera bertemu kembali dan mengulang masa-masa seru saat latihan taekwondo bersama, bersepeda bersama, dan belajar bersama. Bersama dengan suratnya, Haikal mengirimkan sebuah foto kemenangannya. Haikal berharap Rendi segera membalas suratnya dan mengirimkan foto kegiatannya juga. 


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bapak/ibu guru harus sabarrr, tidak semua anak bisa mengubah bentuk cerita ini menjadi sebuah surat. Tapi bapak/ibu guru akan takjub bahwa ternyata ada anak-anak yang bisa mengerjakan dengan baik. Artinya, kemampuan literasi anak-anak berbeda-beda, tidak semua bisa juga tidak semua tidak bisa. Yang belum bisa, kita beri treatment. Yang sudah bisa, kita semangati lagi dengan soal-soal next level lainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar