Ide MPLK kelas 6 "Lencana Kebaikan"

Kebaikan itu harus dipaksakan!
pernah dengar dong kalimat di atas? 

Haloooo,
Assalamu'alaikum wr wb. 

Sadar kan yaa bapak/ibu, kalau siswa-siswi kita di kelas 6 ini sudah 90% baligh atau memasuki masa pubertas? 
Ditambah lagi nih setelah kita pantau dari kelas sebelumnya, ternyata anak-anak yang mau kita ajar tahun ini adalah anak-anak yang super super dalam segala hal. 

Terkadang menjadi kakak kelas tertinggi di sekolah, juga bisa mengubah sedikit banyak gaya mereka. 
Gak sedikit berita tentang perundungan yang dilakukan kakak kelas kepada adik kelasnya. 

Hal ini bisa loh kita antisipasi dari awal. 

Kembali lagi ke tulisan saya paling atas.
Kebaikan itu harus dipaksakan!
Artinya, Kebaikan yang berawal dari keterpaksaan, lama-lama makin ringan dan terbiasa dalam berbuat baik. Jaman sekarang, anak-anak memang harus kita paksakan selalu berbuat baik, agar lama-lama selalu berbiasa menjadi orang baik. 

Inilah dia ide MPLK yang saya di kelas saya pada tahun 2023 lalu, dan alhamdulillah menurut saya cukup berhasil. 
Boleh banget lihat videonya di sini :
Ig: @rsyns | video MPLK 2023

Jadi begini ceritanya : 

Pada masa MPLK 3 hari di kelas 6, saya memberikan sebuah lencana kebanggan untuk siswa-siswi kelas 6 pakai selama tiga hari. Kenapa kebanggan? ya karena mereka sudah menjadi kakak tertinggi di sekolah dasar. 

Tentu saja ada tugas khusus yang harus mereka lakukan. Seluruh mata akan tertuju pada mereka karena lencana yang mereka pakai. Gerak-geriknya akan mudah diperhatikan. Baik buruknya tingkah mereka akan mudah dikenali oleh semua orang.

Oleh karena itu, kami buat kesepakatan di dalam kelas, mereka yang menggunakan lencana harus terus berbuat baik pada siapa saja dan dimana saja selama 3 hari. Berbicara yang baik, sopan kepada ibu bapak guru, menghargai adik-adik kelas, membantu adik kelas 1 yang baru masuk ketika ada kesulitan, lebih banyak tersenyum, saling mengingatkan jika ada siswa lain yang tidak berbuat baik dan sebagainyaaa. Besar kecilnya kebaikan yang telah dilakukan, tetap saja tercatat sebagai sebuah kebaikan yang bagus.

Dengan memakai lencana identitas kelas ini, siswa-siswi akan selalu merasa diawasi oleh seluruh warga sekolah. Seluruh warga sekolah boleh melapor pada guru kelas jika ada salah satu anak yang berbuat tidak baik. 

Setelah tiga hari MPLK, mari lakukan refleksi bersama. Ada lembaran refleksi yang harus diisi siswa-siswi bercerita tentang kebaikan apa saja yang telah mereka lakukan, apa rencana kebaikan yang akan mereka lakukan setelah tidak lagi memakai lencana kebaikan. 

Hasil refleksi ini bisa dijadikan hiasan kelas yang nantinya bisa kita ingatkan lagi ketika mereka mulai keluar dari jalur kebaikan atau artinya mereka sudah mulai kembali "brutal" 😅
video refleksi pada tahun 2023 bisa dilihat di sini:
Video refleksi tahun 2023

Bapak/ibu guru yang mau punya file canva bisa dilihat di sini yaa:
Template Lencana dan Refleksi

P E R H A T I A N !!!!

Setelah melihat template ini di canva, gak bisa langsung di edit yaa. Untuk mencegah file aslinya rusak, saya buat file template ini hanya bisa dilihat saja. 
Tapiiiii jangan sedih dulu!!!
coba deh ikutin langkah-langkah di video ini buat tau gimana caranya bisa edit template yang saya share:
video cara edit template canva

Tolong banget jangan males lihat video yang sudah saya share yaa, supaya gak salah langkah 💗

Kalau merasa blog ini bermanfaat, boleh banget di share ke teman seperjuangan guru kelas lainnya. 

Semoga bermanfaat yaa 😘

Posting Komentar

0 Komentar