Ini dia ceritaku, apa ceritamu? :)

Dari SD saya sudah bercita-cita mau jadi guru, kenapa cita-cita itu ga muncul dari saya TK? ya karena saya ga TK, waktu seharusnya saya TK, saya pindah ke Jakarta dari Kalimantan Timur ikut ayah yang pindah tugas ke Jakarta jadi harus merelakan masa TK yang kata kakak dan adik-adik saya itu masa yang paling asik. mereka suka nyanyi-nyanyi lagu waktu masa TK, saya cuma bisa ngeliatin sambil dengerin mereka nyanyi aja :'( hiks hiks. kadang mereka itu suka ngeledekin, moso kata ade saya yang kecil "ka ana dari pada daftar kuliah, mending daftar TK aja dulu biar ijazah nya lengakp" dan saya paham banget itu ajaran ayah. buktinya setelah ngomong gitu mereka ketawa puas :( tapi saya bisa bales " yeeee kamu tuh yang salah, ayah sama ibu aja ga TK kok, berarti ka ana anak ibu sama ayah, kamu anak siapa yang TK?"




Ibu saya seorang guru Agama di SD saya bersekolah SDN Cipinang Melayu 02 Pagi, nahh ibu saya itu yang membuat pendirian saya tetap, ibu saya yang selalu memberi masukan dan dorongan, motivasi dan inspirasi terbesar saya ya ibu saya :)


dari SD setiap ada pertanyaan "cita-cita kamu apa?" ya saya dengan tegas menjawab "guru". di SD saya termasuk siswi yang aktif dan di kenal pintar (padahal mah kaga)




begitu masuk SMP, mulai perjuangan hidup *cukuplebay. berangkat sekolah mulai jauh dari rumah, ga ada ibu di sekolah yang bisa dimintain uang jajan setiap saat kalau di sekolah, saat itu harus mulai mandiri sedikit. dan di masa itu sudah mulai terbuka lagi pikiran, ternyata profesi itu ga cuma guru, pilot, polisi dan dokter, ternyata masih banyaaaakk yang lainnya. sebenernya agak tertarik untuk pindah cita-cita :D tapi pindah kemana itu yang masih harus dipikirkan.di SMP saya kurang aktif tapi kalau di ekskul saya aktif sekali, gini-gini ketua PMR loh :D pamer deh! Astagfirullah ckckck. tapi lulus SMP harus sedih, hasil UN ga begitu memuaskan. faktor apa juga saya ga ngerti mungkin ga Hoki (hahaha alesan bilang aja kemampuannya ga bagus pake bilang ga hoki lagi), kan kata orang UN itu hoki-hokian. eehhh udah nilai UN nya ga memuaskan ayah saya milihin SMA yang bagus-bagus lagi. youwes alamat ga dapet negeri. dan yaaakk ternyata bener anda belum beruntung :( padahal sih pengennya lebih bagus dari kakak saya, ya atau minimal sama lah di SMAN kan SD-SMP nya sama, masa SMA ga bisa samaan juga :D. ya tapi gimana, dia kan pinter saya mah apaan tau dah :(




galau deh saat itu, soalnya ga pernah kenal SMA swasta, nanya-nanya sama temen ehh ketemu lah SMA Perguruan Rakyat 2 itu loh yang di Lampiri pondok kelapa jakarta timur *promosi :D masuk SMA sih ga aktif-aktif amat juga cuma kalau di kelas yaa Alhamdulillah peringkat sih dapet *gaada maksud pamer. Di SMA pemikiran jauhhh lebih terbuka lagi, apalagi kalau lagi ngomongin soal universitas sama guru, ada yang namanya fakultas ada yang namanya jurusan ahh bingung deh, namanya juga ga tau apa-apa yang saya tau mah cuma UNJ itu tempatnya orang-orang yang mau jadi guru titik hahaha sempit banget ya pemikirannya. itupun saya tau ya lagi-lagi karena kakak saya lulus jalur SNMPTN di UNJ makanya saya juga mau banget disana kan saya mau jadi guru juga :D jadi kuliahnya harus disana. ternyata dunia itu luasssss ya? universitas itu banyak, jurusan itu banyak dan profesi itu banyak tapi sekarang saya bisa menetapkan kalau saya mau jadi guru SD, ga sedikit kok yang nanya buaaanyaakk yang nanya kenapa malah guru SD.


sampe-sampe guru yang nanya tentang saya ingin ambil jurusan apa di universitas nanti bingung dan menyarankan "kamu pinter loh nak, kenapa ga ambil dokter? kalaupun mau jadi guru, ya ambillah mata pelajaran mipa, sayang kalau kamu jadi guru sd"


saya cuma senyum aja di omongin begitu. padahal kalau temen-temen saya yang nanya kenapa saya maunya jadi guru sd?

ya dengan tegas saya jawab "kaga sanggup deh gue kalau harus ngajarin anak SMA. yang ada gue yang tertindas sama anak SMA kalau mereka nyolot sama gue bisa nangis nanti gue, beda sama anak SD kan bisa gue yang menindas mereka hahaha :D mereka pasti nurut sama gue tanpa banyak bantahan."


naik ke kelas 2 saya masuk IPA, masuk IPA karena dinilai bisa dan yakin mampu oleh guru-guru. lah saya mah nurut-nurut aja nama saya ada di kelas ipa, ehh malah bangga deh kan katanya masuk IPA susah :D. weleh weleh ternyata pas lagi ngobrol-ngobrol sama alumni tentang kuliah ternyata guru SD itu adanya di jurusan IPS, waahh salah jalur saya! tapi nasi sudah menjadi bubur dari situ saya muter otak lagi, jurusan apa ya di universitas nanti? nanya-nanya ke guru juga tuh tapi ga ada yang srek, lah wong saya maunya jadi guru SD kok, meskipun jadi guru yoo musti guru mipa.




sampai akhirnya kelas 3, mulai lagi tuh dilema-dilema perkuliahan. dateng PMDK IPB dan saya termasuk yang beruntung di tawarkan. yahhh yang namanya hatinya di guru SD. mana ada IPB jurusan PGSD, hehehe akhirnya mau ga mau ga di ambil deh. eehh dateng lagi tuh SNMPTN jalur Undangan yang bisa milih universitas seluruh Indonesia, saya tertarik banget dan Alhamdulillah termasuk yang beruntung di tawarkan. daftar deh di UNJ dan UNILA tentu aja pilihan pertama PGSD. udah daftar tinggal nunggu pengumuman tuh, jujur nih ya sebenernya dalem hati sih itu ngareeeeeppp banget deh ga bohong soalnya kan saya itu peringkat 1 di kelas jadi seharusnya makin besar harapan saya bisa keterima kan, lumayan kan ga pake test. lagian kan ya bangga juga bisa di terima di PTN, soalnya saya tuh agak minder deh di rumah adek saya masuk SMKN 26 itu lohh STM pembangunan yang keren itu di rawamangun yang sekolah 4tahun langsung kerja dan hasilnya pasti memuaskan. dia itu waktu SMP bisa masuk SMPN 109 ehh dia masuk juga SMKN 26 kelas SBI lagi, kan saya jadi minder saya cuma dari SMPN 80 dan di SMA swasta. kakak saya lagi bisa masuk SMAN 42 ehh dengan mudah lulus SNMPTN UNJ. yang bikin semangat juga itu adalah sepupu-sepupu saya yang udah pada kuliah semua kuliah di negeri ada yang di UNLAM, UI, UNPAD, UNAIR, UNJ dan UGM saya kan juga mau kaya gitu!!! dan ketika pengumuman SNMPTN jalur undangan jeng jeng jeng jeng "anda belum beruntung" lahhhh menangis semalam kan jadinya T.T hilang semangat sama sekali, kacau deh.




ngeliat saya nagis begitu ayah saya bilang, "ga perlu nangis! yang ikut kan Se-Indonesia wajarlah kalau peminatnya banyak masalahnya nama sekolah kamu tuh ga kedengeran se-Nasional pasti itu yang bikin kamu ga lolos. besok kamu daftar SNMPTN jalur tertulis aja, kalau soal kemampuan ayah yakin kamu bisa di adu" yakin bener deh ayahku yang tercinta ini sama kemampuan anaknya yang biasa-biasa aja ini

saya coba bangkit deh dari situ, dan mulai download soal SNMPTN tahun lalu, pas saya baca beeeehhh apaan itu soal? itu soal apaan ya? siapa yang buat? masa ga ada satupun yang ngerti, kebangetan kan itu soal ckck.ngomong deh sama ayah ibu "ayah kayanya aku ga usah ikutan SNMPTN aja deh langsung aja daftarin aku ke swasta, kayanya aku ga bisa. soal-soalnya susaaaahh banget ga ada yang aku ngerti. apalagi minatku kan ke PGSD sedangkan PGSD itu jurusan IPS aku kan dari IPA mau ngisi apaan aku nanti? 2tahun udah ga belajar IPS" wahhh di situ jadi bingung semua. ayah ibu saya tetep bujuk saya buat daftar SNMPTN tapi saya ga mau soalnya ga mampu, dan ayah ibu saya baru berenti bujuk waktu saya nangis memojokkan diri saya sendiri yang tidak mampu :'(




ehh ternyata belum sampe situ deh ayah ibu saya bujuk saya daftar SNMPTN, waktu saya ngajak daftar universitas swasta ayah ibu mulai lagi bujuk-bujuk daftar negeri dulu. ya saya tetep aja deh ga mau, baru liat soalnya aja udah pesimis deh.pas ayah ibu mau berangkat kerja, saya di kasih uang, dan ibu bilang "ini buat kamu pake buat keperluan kamu yang bermanfaat." lahhhh mau diapain itu uang kan jadi bingung O.o ga lama temen-temen SMS ngajakin beli pin SNMPTN. mikir-mikir lagi deh ikut enggak ikut enggak ikut enggak? yaudah deh hari itu ayah dan ibu berhasil meluluhkan hati saya, tanpa memberi tahu ayah ibu, saya berangkat beli pin SNMPTN pake uang tadi. sampe di bank bingung again!! mau pilih apaaa yaa? kalau IPA mau ngambil jurusan apaan nanti? kalau IPS lahh apa yang mau di isi nanti pas SNMPTN? kalau IPC walah walah udah lebih mahal, musti dobel belajarnya, mesti milih jurusan lagi, nanti pas tes pasti lebih pusing deh. dengan hasil pemikiran yang matang pilihlah IPS dengan segala pertimbangan dan pemikiran soalnya sepupu-sepupuku itu semua jurusan IPS kuliahnya dan punya buku SNMPTN IPS pastinya minta deh kesana :D males beli buku ah wong udah pesimis juga, cuma mau ngilangin penasaran juga dan nyenengin orang tua.




pas pengisian data online SNMPTN, sempet bingung juga pilih PTN apa aja. tapi yang jelas ya UNJ itu jadi pilihan pertama, meskipun sadar sesadar-sadarnya yaa ga akan masuk, tapi mencoba itu kan gaada salahnya. pas pilihan kedua bingung deh tuh. tiba-tiba inget omongan temen saya, dia pilih UPI waktu SNMPTN Undangan. katanya itu juga tempatnya yang mau jadi guru juga. saya buka deh tuh, daaann ada PGSD lohh jadi seneng deh hehe. pas diliat kenapa PGSD banyak kampusnya ada di Cibiru, sumedang, purwakarta, bumisiliwangi, purwakarta dan serang. nanya ayah deh kan. awalnya ayah ga izini dimana-mana, soalnya katanya jauhh :D tapi selain itu malah lebih jauh lagi kan, dengan pemikiran matang-matang, ayah milih serang dengan alasan masih bisa di jangkau ayah sam saudara-saudara kalau mau pulang ke Lampung. yaudah sebagai anak yang ingin berbakti ikut aja deh yaa :), pas nanya ibu, ibu juga kebingungan dan malah bilang terserah saya aja. pas nanya sama ayah minta kepastian sekali lagi yaa tentang UPI kampus Serang, ayah keliatan galau lagi deh :D mungkin ada khawatir juga yaa sama anaknya yang ga pernah jauh dari orang tua. tapi kata ibu udah pilih aja serang itu, dari pada ayah berubah pikiran lagi, dan dari pada ga diisi-isi datanya. ternyata bener dugaan ibu, ayah nanya lagi tentang daftarnya, karena udah diisi yaudahlah yaa gabisa diganggu gugat, dan ayah akhirnya terima aja.
dan waktu ngisi itu ada masalah juga lohh. kesalahan fatal deh tuh kayanya. ada juga rasa takutnya soalnya foto saya ga ketampil di kartu ujian panik saya. yaudah saya hubungin semua CP SNMPTN dan saya nanya ke semua yang mungkin tau. akhirnya saya di suruh datang ke Panlok terdekat, dan yang terdekat itu ya UNJ youwes untung pernah di ajak ke UNJ jadi jalan deh sendirian kesana dan itu naik metromini sendiri pertama kalinya :D perjuangan saya ga sia-sia dateng kesana muter-muter nyari tempat SNMPTN nya batu nemu deh dan selesai deh masalah saya. oh ya tapi meskipun pemikirannya udah pesimis aja saya tetep belajar dari buku-buku yang udah saya dapet dari sepupu saya semua. belajar IPS mati-matian bacaaaaa terus sampe adik-adik saya ngegodain kalau saya belajar terus.




pas hari H nya deg-degan banget dah, saya ngerasa belajar saya itu belum cukup. yaudah deh ngisi apa yang yang ada di depan mata saya tetep sih dengan teliti meskipun pesimis. selesai hari ujian saya ga mau lagi mikirin SNMPTN bahkan ga mau ngarep-ngarep lagi. nyari-nyari aja PTS yang deket rumah yang sesuai keinginan. kalau ibu nanya "kapan na pengumuman SNMPTN?" saya jawab "tanggal 30 juni bu kayanya sih, udah bu ga usah ngarepin PTN. siapin uang buat beli formulir PTS ya bu" ibu pasti bilang " kok kayanya kamu pesimis banget sih? jangan pesimis dong! iya ibu sih siap aja beli formulir lagi".saya jawab kaya gitu ga cuma sama ibu aja, kalau kakak ade sepupu dan teman-teman tanya tentang SNMPTN pasti saya jawab santai dengan nada pesimis sih :D




tanggal 28 udah denger katanya pengumumannya tanggal 29 jam 19.00. yaudah saya mah santai aja sampe bilang sama ayah "yah inget anterin aku beli formulir pendaftaran di PTS" ayah sama ibu ya mengiyakan aja deh udah tau anaknya pesimis dari awal kali :D. mulai deh tanggal 29 pas liat facebook jam 18.00 udah ada yang tau hasilnya, lah lah lah jadi dag dig dug dag dig dug deh mulai tapi saya nyoba loadingnya Masya Allah kaga jalan-jalan sakit hati dah! yaudah saya nyerah deh, saya tinggalin laptop saya solat aja, saya ngaji kaya biasa. selesai itu ayah ibu nanya gimana hasilnya kan. saya jawab santai, "ga keterima pasti bu tapi aku sih belum liat loading laptopnya parah, besok aja liatnya" tapi emang ya hati itu ga bisa bohong, biar pesimis saya penasaran juga tau, hahaha :D dengan melakukan berbagai macam cara saya sama ade saya dengan sabar nunggu. pas bisa kebuka yang terbaca adalah --> Selamat, anda diterima di (342476) PGSD KAMPUS SERANG, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA dan dengan spontan saya dan adik saya teriak sekeras-kerasnya sambil nangis dan berpelukan. siapa sih yang bisa nyangka? orang udah pesimis banget kok.

denger teriakan saya, ayah udah mau marah-marah tuh hehe tapi pas tau penyebabnya ya ayah ga jadi marah justru malah ngasih ucapan selamat :)




masih ga bisa nyangka kalau sekarang saya itu sudah dewasa. sudah harus bisa hidup sendiri, meskipun masih tetap dibawah pengawasan orang tua. sekarang saya sudah kuliah, ga boleh lagi berfikir seperti anak kecil!!! :) sekarang harus bisa membanggakan orang tua bagaimanapun caranya. kuliah harus bener! kalau udah berhasil baru deh membahagiakan orang tua :)




INTINYA ADALAH -->
  • kalau memang suka pada sesuatu coba terus perjuangkan untuk tercapai deh, ternyata masalah yang ada wakttu kamu berusaha mendapatkannya itu justru bikin kita semangat menghadapinya, kalau kita memang benar-benar serius suka sama sesuatu itu.
  • jangan pernah ngebantah perintah orang tua. orang tua itu ga pernah menjerumuskan anaknya ketempat yang salah! ga ada orang tua yang ingin anaknya sengsara, semua orang tua pasti ingin anaknya hidup bahagia.
  • do'a restu orang tua itu paling ampuh menyukseskan apa yang kita inginkan. ga bohong deh! tanpa adanya do'a restu orang tua semua ga akan berjalan lancar.

Posting Komentar

1 Komentar